Berita

Puskesmas Mojolangu adakan Vaksinasi Warga Lansia Tunggulwulung

Kita akan dipusingkan jika memperhatikan angka-angka update kasus Covid-19, namun lebih mudah dengan melihat warna. Diberbagai daerah di Indonesia menunjukkan warna hijau atau berada pada level satu. Banyak yang menganggap bahwa pandemi mereda. Jangan sampai lengah dengan kondisi ini karena bagaimana pun virus ini tetap ada dan berbahaya.

Untuk itu perilaku hidup bersih, pakai masker, cuci tangan harus tetap diutamakan. Tak kalah penting adalah vaksinasi, tetap diperlukan untuk membangun immunitas tubuh pada semua rentang umur.

warga antri mengukur tekanan darah dan skrining sebelum mendapat vaksin

Pada Selasa (29/11/2022), Puskesmas Mojolangu menggelar Gebyar Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Pendopo Kelurahan Tunggulwulung. Untuk warga berumur 18 tahun keatas tersedia Dosis 1 dan 2 (Primer), Dosis 3 (Booster 1) dan Dosis 4 (Booster 2 khusus Lansia usia diatas 60 tahun). Jarak vaksin Dosis 2 dengan Dosis 3 adalah 3 bulan. Jarak vaksin Dosis 3 dengan Dosis 4 adalah 6 bulan. Memenuhi  syarat umum yaitu dalam keadaan sehat, warga Tunggulwulung dan membawa fotokopi KTP.

Kegiatan ditangani tenaga medis puskesmas dan dibantu para kader Kelurahan Siaga (Kelsi) tersebut berlangsung tertib dan lancar. Warga Tunggulwulung khususnya lansia tampak antusias dengan kegiatan ini terbukti masih ada warga yang datang walau kegiatan telah usai.

Sejak pagi, sebanyak 157 orang telah melakukan vaksin. Kehadiran Puskesmas Mojolangu dalam pelayanan vaksin di Kelurahan Tunggulwulung adalah upaya untuk memenuhi pencapaian target vaksin dan memberi kemudahan akses sarana kesehatan pada warga karena lebih dekat. (ns)