BeritaUtama

Musrenbangkel 2023 Tuntas, Bersiap Naik Kecamatan

Alhamdulillah, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) Tunggulwulung Tahun 2023 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 telah selesai digelar di Pendopo Kelurahan Tunggulwulung, Selasa malam (17/1/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Carvalho, S.IP, Lurah Tunggulwulung Dani Maroe Beni, S.Sn, M.Med.Kom, Ketua LPMK Drs. Samsudi, Anggota DPRD Kota Malang Dapil V Lowokwaru Ahmad Fuad Rahman, SE., MM , Babinsa Pelda Fatkur Arif, Bhabinkamtibmas Bripka Robertus Julianus Hutagaol, jajaran kelurahan, para Ketua atau perwakilan dari Lembaga Kemasyarakatan, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Tunggulwulung.

Diikuti oleh sekira 76 orang, Musrenbangkel dibuka oleh Camat Lowokwaru dan menghadirkan narasumber dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang.

Dalam sambutannya Camat Klojen menyampaikan bahwa dalam melaksanakan Musrenbangkel ini peserta harus meninggalkan ego wilayah, lembaga maupun komunitas. Usulan yang disampaikan harus menjadi kesepakatan untuk kepentingan warga Tunggulwulung. Ia juga mengingatkan bahwa hasil laporan lengkap musrenbang Kelurahan harus sudah diserahkan ke Kecamatan paling lambat H -3 sebelum pelaksanaan Pramusrenbang dan dan Musrenbang Kecamatan Lowokwaru.

“Pramusrenbangcam akan dilaksanakan Rabu (26/1/2023) sedangkan Musrenbangcam dijadwalkan pada Rabu (1/2/2023),” ujarnya.

Sementara itu narasumber DPUPRPKP Kota Malang, Uuk Puji Utomo ST menekankan perlunya menyusun usulan perencanaan pembangunan yang komprehensif dan tidak parsial, sehingga dapat terwujud suatu konsep pembangunan yang tematik. Harapannya bisa mengangkat keunggulan potensi Kelurahan Tunggulwulung di tingkat Kota Malang, bahkan hingga level yang ledih tinggi.

Dari hasil musrenbangkel Tunggulwulung tercatat sejumlah 98 usulan yang terdiri dari 58 usulan pembangunan yang bersumber dana APBD Kelurahan dan 40 usulan bersumber dari APBD Perangkat Darah.

Usulan bersumber APBD Kelurahan sejumlah 58 usulan dengan estimasi biaya 874.797.700 rupiah. Sementara itu sisanya 40 usulan pembangunan bersumber dari APBD Perangkat Daerah senilai Rp 2.625.831.438. Usuluan-usulan tersebut nantinya akan diinput ke dalam aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) untuk diverifikasi Bappeda dalam perencanaan Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Selain menetapkan usulan, Musrenbangkel juga menetapkan delegasi yang akan berangkat mewakili Kelurahan Tunggulwulung dalam kegiatan Musrenbangcam Lowokwaru. Dari hasil diskusi peserta Musrenbangkel, disepakati lima Delegasi Kelurahan Tunggulwulung pada Musrenbangcam Lowokwaru, mereka antara lain:
1) M. Samsudi (Ketua LPMK)
2) Drs. Hudiyana Utama (Ketua RW 1)
3) Soehartono (Ketua RW 5)
4) Rina Handayani (Ketua TP PKK)
5) Listyoningsih (Ketua Pokja Kel. Sehat)

Kelima delegasi tersebut akan mengawal usulan dengan sumber dana APBD Perangkat Daerah untuk dibahas Pada Pramusrenbang dan Musrenbang Kecamatan (Musrenbangcam). Kegiatan Pramusrenbang Kecamatan Lowokwaru 2023 dijadwalkan akan diselenggarakan pada Kamis 26 Januari 2022 sedangkan Musrenbangcam rencananya dilaksanakan pada Rabu (1/2/2023). (dmb)