BeritaUtama

Gotong Royong Jaga Kesehatan Lewat Posyandu ala Warga Perumahan Permata Jingga Malang

 

Semangat gotong royong menjaga kesehatan di lingkungan permukiman elit, tidaklah mudah karena sifat warganya yang cenderung individualis. Ada banyak tantangan. Paling mencolok gengsi warganya mendapatkan layanan kesehatan berbasis masyarakat.

Namun stereotipe itu tidak berlaku bagi warga perumahan elit Permata Jingga, RW 06, Kel. Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Warga di sana setiap bulan pada selasa pekan ke dua secara rutin menggelar Posyandu. Tidak hanya diikuti balita, melainkan juga ibu hamil, remaja pranikah, maupun lansia. Melalui kegiatan tersebut, kesehatan warga Permata Jingga dapat dipantau.

“Sejak 2018, kegiatan Posyandu rutin digelar. Hanya pada pandemi selama dua tahun absen, menghindari penularan Covid,” kata Ketua Posyandu Raflesia, Perum Permata Jingga, RW 06, Kel. Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, dr Astri Proborini, pada kegiatan Posyandu di Perum Permata Jingga, Kota Malang, Selasa (14/6/2022).

Posyandu Raflesia juga rutin memberikan edukasi dan deteksi dini kepada masyarakat. Jika ada penanganan lebih lanjut, maka akan ditangani di Puskesmas Mojolangu.

“Tujuan kami adalah memantau kesehatan warga. Kami memberikan edukasi dan deteksi dini gangguan kesehatan. Kalau ada sesuatu lebih lanjut, kami koordinasikan dengan puskesmas,” ucapnya.

“Kami bersyukur, meski di sini perumahan elit, tapi minat masyarakat yang datang cukup antusias. Sejak dibuka Juni 2022 ini, sudah 50 persen warga yang datang,” terangnya.

Secara umum, kegiatan Posyandu meliputi pemberian makanan tambahan bagi balita, penimbangan, pemberian imunisasi lengkap dan pemberian vitamain A. Untuk mereka yang berumur 16 tahun ke atas, terutama lansia, dilakukan pemeriksaan gula darah.

Kehadiran Posyandu di lingkungan perumahan elit, kata dia, tetap diperlukan karena tidak semua orang tua memahami pola pengasuhan anak dengan baik dan benar. Terutama terkait pola pengasuhan anak yang menjadi kendala, karena orang tua bekerja sehingga diserahkan ke pembantu.

“Setidaknya kegiatan Posyandu dapat mengingatkan orang tua terkait penanganan pada aspek kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PKK RW 06, Kel Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Ny. Yoga Adhinata, menegaskan kegiatan Posyandu ini bentuk komitmen warga untuk menjaga kesehatan warga secara bersama, gotong-royong.

Intinya, warga lewat kegiatan gotong-royong di bidang kesehatan dapat mengatasi masalah kesehatan dengan berswadaya, secara mandiri. Dengan sehatnya warga, maka akan dapat menjaga produktivitas warga dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, belajar, dan lainnya.

“Seperti pada balita ini cukup bagus, agar bisa mengetahui perkembangan anak,” tandasnya. ***

 

***diedit dari sumber: https://suryamalang.tribunnews.com/2022/06/14/gotong-royong-jaga-kesehatan-lewat-posyandu-ala-warga-perumahan-elit-permata-jingga-malang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *