Event-KegiatanSosMasUtama

Pengasuhan Lansia Perlu Peran Serta Keluarga

Menumbuhkan kesadaran keluarga dalam memperhatikan kesejahteraan para lanjut usia (Lansia), Kelurahan Tunggulwulung menyelenggarakan Sosialisasi dengan tema Peran Serta Keluarga dalam Pengasuhan Lansia, bertempat di Pendopo Kelurahan Tunggulwulung, Kamis (9/6/2022).

Dibuka oleh Lurah Tunggulwulung Dani Maroe Beni, S.Sn, M.Med.Kom, kegiatan yang merupakan bagian dari Sub Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan tersebut diikuti oleh para Ketua RW, Karang Werdha, tokoh masyarakat serta para lanjut usia di Kelurahan Tunggulwulung.

 

Sebagai pemateri, panitia menghadirkan dua orang narasumber. Narasumber pertama adalah Ibu Dra. Murtini dari Forum Kerjasama Karang Werdha Kec. Lowokwaru. Sedangkan narasumber kedua adalah Bapak Margo Wiryono, Koordinator Karang Werdha Kecamatan Lowokwaru.

Dalam materinya Dra. Murtini memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup lansia. Di antaranya adalah kondisi kesehatan, perekonomian, interaksi sosial, kondisi mental, dukungan keluarga dan banyak lagi lainnya. Lansia tidak bisa menghadapi semua permasalahan hidupnya, oleh karena itu perlu dukungan keluarga dalam pengasuhannya.

Upaya yang dapat dilakukan keluarga yakni membantu lansia menemukan makna hidup pada usia lanjut, memperhatikan kesehatannya, berusaha memenuhi kebutuhannya, memberikan perhatian dan kasih sayang tercipta suasana yang menyenangkan dan lansia dapat mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan sosial.

Sementara itu Margo Wiryono menekankan perlunya tercipta Lansia Tangguh, yakni kelompok orang yang berusia 60 tahun dengan keadaan sehat secara fisik, sosial, dan mental, mandiri, aktif dan produktif serta menjalani usia lanjut dengan sikap positif.* (dmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *