Berita

Upaya Turunkan DBD dan PTM, Tunggulwulung Tingkatkan Kapasitas Kelsi

Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan Kader Kelurahan Siaga, Kelurahan Tunggulwulung menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Kelurahan Siaga (Kelsi) bertempat di pendopo Kel. Tunggulwulung, Rabu (9/11/2022).

 

Acara yang merupakan Sub Kegiatan Penyelenggaraan Lembaga Kemasyarakatan ini digelar sebagai upaya mengantisipasi Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Penyakit Tidak Menular (PTM) di wilayah Tunggulwulung.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua RW, Ketua LPMK, serta Ketua dan kader Kelurahan Siaga tersebut dibuka oleh Kasi Pemtramtib Suprobo mewakili Lurah, menghadirkan dua nara sumber dari Puskesmas Mojolangu.

Pembicara pertama Intan Puspitasari, A.Md.Kes. menjelaskan tentang peran Masyarakat dalam GIRIJ (Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik). Suatu upaya pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk  Demam Berdarah Dengue (DBD). Gerakan ini melibatkan salah satu anggota keluarga menjadi jumantik rumah.

Pembicara kedua dr. Dyta Kurnia Dwi Afifah, berbagi informasi dan memberi penjelasan kepada peserta tentang deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular. Diakhir sesi diberikan kesempatan untuk tanya jawab yang berkembang menjadi semacam konsultasi kesehatan

Dari kegiatan ini diharapkan peserta dan secara umum masyarakat Tunggulwulung memperoleh pemahaman serta dapat menjaga dan memperhatikan kesehatan. Secara pribadi, keluarga dan masyarakat.

*ns