Berita

Kelurahan Tunggulwulung Siapkan Linmas Agar Tanggap Bencana

Meningkatkan kesigapan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam menghadapi bencana, Kelurahan Tunggulwulung menyelenggarakan Sosialisasi Tanggap Bencana, Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Lingkungan bagi Linmas Kelurahan Tunggulwulung bertempat di Pendopo Kelurahan Tunggulwulung, Senin (21/11/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Lurah selaku Kasatlinmas Tunggulwulung Dani Maroe Beni, S.Sn, M.Med.Kom tersebut diikuti oleh sekira 40 orang anggota Satlinmas Tunggulwulung di bawah koordinasi Kasi Pemterantib selaku Kalaksa Suprobo.

Ada dua narasumber yang menyampaikan materi dalam kegiatan tersebut.
Narasumber pertama adalah Badan Pembina Desa (Babinsa) Kel. Tunggulwulung, Pelda Fatkhur Arif. Ia menjelaskan Kondisi Kamtibmas di wilayah Tunggulwulung. Dalam paparannya ia menekankan peran linmas untuk ikut berperan aktif membantu aparat dalam menjaga ketertiban dan ketenteraman wilayah Kel. Tunggulwulung.

Narasumber kedua adalah Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Drs. Prayitno. Dalam paparannya ia menjelaskan jenis-jenis bencana. Ia juga memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana agar penanganannya tepat dan tidak menimbulkan masalah baru.

Ia berharap di Kelurahan Tunggulwulung segera dibentuk Kelurahan Tangguh (Keltang) yang melibatkan berbagai unsur masyarakat. Dengan adanya Keltang, diharapkan masyarakat sudah lebih siap mengantisi pra bencana, saat bencana dan tindakan pascabencana.

Kepada masyarakat Prayitno mengimbau masyarakat agar tanggap jika terjadi bencana di wilayahnya dengan menghubungi Call Center Bencana yang selalui siap 24 jam, yakni melalui No. Telp, (0341) 3021657 atau 3021658. Selain itu masyarakat juga bisa menghubungi melalui Whatsapp 0811 3770 502 atau melalui akun official media sosial BPBD Kota Malang Twitter, Instagram dan Facebook @bpbd_malangkota.

Layanan darurat Pemkot Malang juga selalu siap 24 jam dan terintegrasi dengan berbagai instansi. Untuk menghubungi layanan darurat tersebut, masyarakat bisa menghubungi No. Telp 112.* (dmb)