BeritaInfo UmumUtama

Penguatan Kelembagaan untuk Pokja Kelurahan Sehat

Mengawali kegiatan tahun 2023 ini, Kelompok Kerja Kelurahan Sehat Kelurahan Tunggulwulung mengadakan pertemuan kelembagaan. Bertempat di Pendopo Kelurahan, Kamis (23/02/2023) dimulai sekitar pukul 10.00 wib. Sekretaris Kelurahan, Adhi Sujoko, Berkenan membuka acara, mewakili Lurah Tunggulwulung yang bertepatan giat lain di waktu yang sama.

Pada kesempatan tersebut hadir dua pembicara,  Ir. Syamsul Hadi (Ketua Forum Malang Kota Sehat) dan Moch. Amin Taufik (Ketua Pokja Sehat Kec. Lowokwaru Kota Malang). Acara juga dihadiri Babinsa Serda Ahmad Hariyadi, para Ketua RT dan RW, Kader Lingkungan dan Kesehatan serta tokoh masyarakat.

Dalam pertemuan yang bersifat koordinatif tersebut, Ir. Syamsul Hadi memberi uraian kondisi kelurahan yang disyaratkan sesuai aturan atau regulasi yang menjadi pedoman. Sedangkan Moch. Amin Taufik mengingatkan pada syarat-syarat tercapainya status Kota Sehat. Khususnya Kelurahan Tunggulwulung dinilai sudah lengkap, ada sekretariat termasuk meja kursi dan perabot di dalamnya, ada papan nama depan sekretariat, ada ijin menempati tempat/ruang milik Kelurahan sbg sekretariat (tertulis), program kerja, surat menyurat dan kearsipan, dokumentasi. Tak lupa harus ada pengisian sekitar 12 macam buku yang perlu dilengkapi.

Dari pertemuan tersebut, beberapa hal yang menjadi catatan: usulan musrenbang yang tidak terakomodir, harusnya tetap tercantum (tidak dihapus dari usulan), minimal tercatat dalam lampiran. Kemampuan membangun tidak diimbangi dengan kemampuan merawat. Balita & lansia perlu layanan posyandu. Gedung serbaguna dan area sekitarnya ada potensi jadi wahana rekreasi, edukasi, dan olahraga, perlu pemberdayaan. Permasalahan biofil, BABS, IPAL.

Berbekal kondisi yang ada dan kemampuan melakukan beberapa sentuhan, sebuah kalimat harapan menutup acara, “kiranya Kelurahan Tunggulwulung siap menerima tim Verifikasi Nasional”. Tim Verifikasi Nasional diperkirakan akan mengadakan penilaian pada Bulan Oktober 2023. (ns)